Pembelian impulsif adalah salah satu perilaku konsumen dalam berbelanja yang seringkali terjadi karena adanya dorongan yang kuat dalam diri seseorang untuk membeli produk dan jasa. Oleh karena hal ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dan tidak mempengaruhi pembelian impulsif. Enam variabel yang diukur yaitu, desakan untuk membeli, in-store browsing, kenikmatan berbelanja, ketersediaan waktu, ketersediaan uang, dan kecenderungan pembelanjaan impulsif. Penulis melakukan penelitian dengan menyebarkan kuesioner tertulis kepada 120 orang yang berbelanja ke Matahari Departement Store CBD Ciledug dengan periode tertentu dan dilakukan secara langsung. Dari uji Hipotesis dengan menggunakan SEM disimpulkan variabel yang berpengaruh adalah variabel ketersediaan waktu terhadap urgensi untuk membeli dan in store browsing, variabel ketersediaan uang terhadap pembelian impulsif, variabel kenikmatan belanja terhadap in store browsing, variabel kecenderungan pembelanjaan impulsif terhadap pembelian impulsif, variabel in store browsing terhadap urgensi untuk membeli. Sedangkan variabel yang tidak mempengaruhi adalah variabel kecenderungan pembelian impulsif terhadap in store browsing dan variabel urgensi untuk membeli terhadap pembelian impulsif. |