Berkembangnya teknologi telekomunikasi sekarang ini memberi semakin banyak alternatif dalam berkomunikasi. Waktu dan tempat tidak menjadi batasan yang sangat berarti. Kemudahan dalam berkomunikasi ini mengakibatkan perubahan dalam orang berkomunikasi menuju pada social networking. Sekarang ini, banyak bermunculan situs jejaring sosial sebagai wadah sosialisasi pengguna (user) internet. Untuk menarik pengguna (user) yang banyak, tentunya penataan kualitas situs menjadi hal yang penting dalam menentukan kepuasan konsumen. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap situs Facebook dan untuk mengetahui atribut-atribut yang dianggap penting bagi kepuasan konsumen situs Facebook di UNIKA Atma Jaya, Jakarta. Untuk mengetahui kepuasan konsumen, maka penulis melakukan penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang pengguna situs Facebook di UNIKA Atma Jaya bulan Juli 2009, yang dipilih dengan sampel non probabilitas yaitu menggunakan judgment sampling. Adapun variabel-variabel yang diteliti adalah navigasi, presentasi, informasi, pengalaman, dan interaksi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa mahasiswa/i UNIKA Atma Jaya merasa puas dengan kualitas situs jejaring sosial Facebook. Atribut-atribut yang dianggap penting bagi pengguna (user) sebuah situs adalah pengguna (user) dapat menemukan apa yang diperlukan di dalam situs, memiliki navigasi yang cepat dari satu halaman ke halaman yang lain, memiliki penampilan situs yang menarik, memfasilitasi akses yang cepat dan mudah untuk menemukan informasi, memiliki informasi yang relevan atau sesuai dengan tujuan adanya situs tersebut, menyediakan informasi baik detail maupun non-detail, memiliki informasi yang dapat dipercaya, dan rasa aman pengguna (user) ketika menggunakan situs. |