Media Gambar adalah alat bantu atau alat peraga yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk menyampaikan bahan pembelajaran dalam bentuk dua dimensi yang dapat menarik perhatian, minat, pikiran dan perasaan siswa sehingga dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Kosakata merupakan kemampuan kata-kata yang diketahui dan digunakan seseorang dalam berbicara dan menulis. Seseorang harus mempunyai kosakata yang cukup untuk dapat memahami apa yang bisa dibaca dan didengar, dapat berbicara dan menulis dengan kata yang tepat sehingga dapat dipahami oleh orang lain. Bahasa Inggris adalah alat untuk dapat berkomunikasi secara lisan dan tulisan secara luas dan global. Berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris dapat diartikan sebagai memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan media gambar dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris Kelas II SD Kebayoran Lama Utara 05 Pagi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan seorang guru sebagai observer dan siswa kelas II SD Kebayoran Lama Utara 05 Pagi yang berjumlah 31 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara siklikal. Instrument penelitian berupa lembar observasi dan soal evaluasi pretest dan postest. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dengan satu kali pertemuan dan dalam setiap pertemuan dilakukan dengan empat tahap dalam PTK yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebelum peneliti masuk ke dalam siklus I, terlebih dahulu peneliti melakukan prasiklus, dengan tujuan untuk mencari tahu seberapa besar kemampuan siswa dalam memahami materi “Body Part” dalam Bahasa Inggris tanpa menggunakan media gambar, dan kemudian mengerjakan lembar tes evalusi prasiklus. Setelah itu peneliti baru menjalankan penilitian siklus I. Dalam pelaksanaan siklus I, siswa belajar mengenai bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya secara menyeluruh yaitu mulai dari bagian kepala, tubuh, dan anggota tubuh lainnya dengan menggunakan media gambar. Pada siklus I, nilai rata-rata pretest yang semula 64,51 meningkat sebesar 30,00 menjadi 94,51 pada nilai rata-rata postest. Dalam pelaksanaan siklus II, siswa belajar menuliskan dan melafalkan bagian-bagian anggota tubuh dalam Bahasa Inggris secara rinci, dimulai dari bagian kepala, tubuh, dan anggota tubuh lainnya dengan menggunakan media gambar yang telah diperlihatkan oleh peneliti yang kemudian ditempelkan oleh peneliti di papan tulis. Pada siklus II nilai rata-rata pretest yang semula 62,90 meningkat sebesar 31,93 menjadi 94,83 pada nilai rata-rata postest. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat diterapkan dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Melalui media gambar dapat menambah pengetahuan siswa terhadap kosakata bagian-bagian anggota tubuh dalam Bahasa Inggris. Dengan demikian disarankan bagi para guru agar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hendaknya lebih sering menggunakan media gambar dalam kegiatan pembelajaran karena media gambar dapat menarik perhatian siswa. |