Anda belum login :: 23 Jul 2025 23:03 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penyesuaian Sosial Siswa Kelas IV SD Strada Bhakti Nusa Villa Melati Mas – Tangerang
Bibliografi
Author:
PASKANTININGSIH, ANNA
;
Stevanus, Ivan
(Advisor)
Topik:
Penyesuaian Sosial
;
Siswa kelas IV SD
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2010
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Anna Paskantiningsih's Undergraduate Theses.pdf
(357.67KB;
26 download
)
Anna Paskantiningsih-PENDUKUNG.pdf
(59.32KB;
1 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-125
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Penyesuaian sosial dilakukan oleh setiap individu dan berlangsung seumur hidupnya. Proses penyesuaian sosial ini terjadi dalam lingkup hubungan sosial tempat individu hidup dan berinteraksi dengan orang lain. Oleh sebab itu penyesuaian sosial merupakan proses yang penting dan perlu diperhatikan terutama pada usia 6-12 tahun agar dapat memenuhi tugas perkembangannya. Anak dituntut menyesuaikan diri tidak hanya di lingkungan keluarga saja tetapi harus dapat juga menyesuaikan diri di lingkungan teman sebaya dan lingkungan sekolah.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian sosial serta perbedaan penyesuaian sosial antara siswa laki-laki dan siswa wanita kelas IV SD Strada Bhakti Nusa, Villa Melati Mas-Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa laki-laki dan perempuan sebanyak 105 orang siswa kelas IV SD Strada Bhakti Nusa.
Alat ukur yang digunakan adalah skala penilaian untuk mengukur variabel penyesuaian sosial. Berdasarkan hasil ujicoba instrumen penyesuaian sosial, dari 50 butir pernyataan diperoleh 35 pernyataan yang valid dengan reliabilitas 0,90. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 96% siswa kelas IV SD Strada Bhakti Nusa termasuk kelompok dengan klasifikasi baik. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Strada Bhakti Nusa dapat melakukan penyesuaian sosial dengan tingkat baik. Sedangkan perbedaan penyesuaian sosial antara siswa laki-laki dan siswa perempuan diperoleh hasil bahwa siswa laki-laki lebih tinggi dari siswa perempuan dengan presentase 94% untuk siswa laki-laki dan 91% untuk siswa perempuan.
Oleh karena penyesuaian sosial sangat penting untuk kelangsungan hidup seseorang dalam berelasi, maka disarankan bagi setiap guru dan pihak sekolah untuk memasukkan aspek pengembangan penyesuaian sosial ke dalam pembelajaran melalui berbagai macam metode, misalnya pembelajaran dengan metode bermain peran dalam pelajaran IPS, metode kerja kelompok/diskusi untuk mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain, dsb. Dengan demikian, akan terbina relasi yang baik terhadap teman seusianya maupun orang dewasa sehingga dapat memenuhi tuntutan sosial yang diharapkan masyarakat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)