Anda belum login :: 25 Jul 2025 08:09 WIB
Detail
BukuMeningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Strategi Know- Want To Know -Learned Pada Siswa Kelas III A SD Strada Bhakti Nusa
Bibliografi
Author: ASTUTI, FITRI ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor)
Topik: membaca pemahaman; strategi Know-Want to Know-Learned
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2011    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-121
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Membaca pemahaman adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh pesan atau informasi, sehingga pembaca dapat memahami isi bacaan yang dimaksud oleh penulis dalam teks bacaan.
Strategi KWL adalah salah satu strategi dalam membaca pemahaman, dalam upaya untuk mengoptimalkan membaca pemahaman sebagai salah satu bentuk pembelajaran membaca dan keterampilan berbahasa di SD. KWL singkatan dari K (Know) apa yang telah diketahui sebelum membaca, W (Want) apa yang hendak diketahui sebelum membaca dan L (Learned) apa yang telah dipelajari atau diketahui setelah membaca. Strategi KWL berguna untuk membimbing siswa berinteraksi dengan teks yang berlandasan pada pendekatan proses membaca. Strategi KWL memberikan kepada siswa tujuan membaca dan memberikan suatu peran aktif siswa sebelum, saat dan sesudah membaca.
Penelitian ini mengunakan jenis penelitian tindakan kelas ( PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti, guru kelas III A selaku observer dan siswa-siswa kelas III A SD Strada Bhakti Nusa Villa Melati Mas Serpong Tangerang, dengan jumlah siswa sebanyak 45 orang terdiri dari 23 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca pemahaman (menggunakan strategi KWL) dengan menceritakan kembali isi cerita yang telah dibacanya dengan menggunakan bahasa sendiri. Pada siklus kedua merupakan penguatan pada siklus pertama, peneliti memfokuskan pada langkah pelaksanaan untuk meningkatkan membaca pemahaman menjadi lebih baik lagi.
Berdasarkan hasil analisis pada test di siklus pertama dan siklus kedua, terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari 66,67 menjadi 74,32. Maka dengan demikian, dapat disimpulkan penggunakan strategi KWL dapat meningkatkan membaca pemahaman siswa menjadi lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada guru agar dapat menerapkan pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi KWL.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)