Kepuasan konsumen merupakan formula utama bagi setiap perusahaan yang ingin meningkatkan volume penjualannya secara berkelanjutan. Terdapat lima indikator sebagai tolak ukurnya dalam menganalisis seberapa besarkah kepuasan konsumen terhadap jasa yang diberikan perusahaan ini, yaitu reliability, tangibility, responsiveness, assurance, dan emphaty. Questioner disebarkan kepada 160 responden. Data – data questioner tersebut diolah dalam software SPSS sehingga menghasilkan output frekuensi akan setiap variabel–variabel dalam kelima indikator tersebut. Output ini memungkinkan penulis untuk menghitung rata–rata tingkat kepuasan konsumen terhadap jasa yang dibelinya dan rata–rata tingkat kepentingannya bagi konsumen terhadap jasa yang telah disediakannya. Penghitungan kedua rata–rata tersebut akhirnya menghasilkan perhitungan tingkat kesesuaian yang dapat dideskrispsikan dalam diagram kartesius. Secara garis besar, perusahaan ini telah melaksanakan fungsinya dengan cukup baik karena menghasilkan tingkat kesesuaian sebesar 88,43%. Namun begitu, perusahaan tetap diharapkan untuk lebih menyempurnakan kinerjanya terutama pada atribut–atribut yang dianggap sangat penting oleh konsumen seperti kualitas kebersihan pakaian kotor yang telah dilaundry, kualitas hasil setrikaan pakaian, ketepatan janji waktu penyelesaiaan, penanggapan karyawan menghadapi keluhan konsumen, kesiapan karyawan dalam memberikan informasi, dan kredibilitas karyawan dalam memberikan informasi. |