Sebelum era globalisasi, hampir seluruh konsumen melakukan investasi secara langsung yang melibatkan aset nyata, seperti emas, tanah, mesin dan pabrik. Setelah era globalisasi konsumen mulai berani melakukan investasi secara finansial. Investasi secara finansial untuk saat ini bisa berwujud penanaman modal dalam bentuk saham, obligasi, indeks, reksa dana, dll. Reksa dana menjadi salah satu pilihan investasi yang menguntungkan karena sifatnya yang bisa memperkecil resiko karena adanya diversifikasi produk Dalam menghadapi persaingan baik dalam bentuk investasi lain maupun reksa dana yang ditawarkan oleh kompetitor, PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia Menggunakan strategi promosi yaitu dalam bentuk Personal Selling dan Advertising. Penelitian dilakukan untuk menganalisis pengaruh biaya personal selling dan advertising terhadap tingkat penjualan reksa dana. Penulis menggunakan Analisis Regresi Berganda Linear dan uji hipotesis dengan program komputer SPSS. Dari hasil perhitungan SPSS, terbukti bahwa personal selling memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap tingkat penjualan bila dibandingkan dengan biaya advertising. Saran – saran yang bisa penulis berikan adalah meningkatkan personal sellingnya dikarenakan produk reksa dana merupakan produk yang lebih baik ditawarkan secara personal daripada ditawarkan secara masal. |