Anda belum login :: 20 Apr 2025 01:39 WIB
Detail
BukuGambaran Persepsi Karyawan Mengenai Tujuh Karakteristik Inti Dari Inovasi Produk Di Radio Oz Jakarta
Bibliografi
Author: S, ELISABETH PUTRI P ; Kembaren, Esther Muliana (Advisor)
Topik: Tujuh karakteristik inti dari Inovasi Produk; Radio OZ Jakarta
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Elisabeth Putri P.S.'s Undergraduate Theses.pdf (387.48KB; 103 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1537
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Setiap manusia memiliki kebutuhan yang bermacam – macam. Salah satu dari kebutuhan manusia adalah kebutuhan akan hiburan. Terdapat beberapa media hiburan, yang salah satunya adalah media elektronik audio yaitu radio. Semenjak ditemukannya radio hingga sekarang banyak sekali kemajuan yang terjadi, baik kualitas maupun kuantitas. Sesuai dengan besarnya antusias masyarakat kepada hadirnya radio membuat banyaknya pengusaha yang ingin mendirikan stasiun – stasiun radio, hal ini menyebabkan banyaknya bermunculan stasiun – stasiun radio baru. Untuk itu dibutuhkannya sebuah inovasi agar perusahaan radio dapat bertahan dan bersaing dengan stasiun – stasiun radio lainnya. Menurut Higgins (1995) Inovasi merupakan proses menciptakan sesuatu yang baru dan memiliki nilai signifikan bagi seorang individu, sebuah kelompok, sebuah organisasi, sebuah industri, ataupun kelompok sosial. Terdapat empat tipe inovasi yaitu inovasi produk, inovasi proses, inovasi manajemen, inovasi marketing. Peneliti memilih untuk melihat gambaran dari inovasi produk, karena produk dari sebuah radio adalah program dari siaran radio tersebut. Hal ini dianggap penting, karena menurut peneliti siaran radio merupakan salah satu hal yang penting agar sebuah radio dapat tetap sukses dan memiliki banyak pendengar. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui gambaran inovasi produk di Radio OZ menurut teori Higgins. Karakteristik sampel penelitian ini adalah pegawai yang bekerja di Radio OZ Jakarta. Adapun jumlah sampel penelitian ini adalah 37 orang. Alat ukur yang digunakan adalah inovasi produk Higgins yang terdiri dari 49 item yang di dalamnya terdiri dari tujuh karakteristik utama yaitu Strategy (Strategi organisasi), Structure (Struktur organisasi), System (Sistem organisasi ), Style (gaya kepemimpinan / manajemen), Staffs(staf), Shared values (nilai kebersamaan), Skills (keterampilan) (Higgins, 1995). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penilaian pegawai Radio OZ kepada perusahaannya masuk dalam kategori tinggi. Walaupun jika dijabarkan untuk setiap karakteristiknya terdapat tiga karakter yang masuk dalam kategori tinggi dan empat karakter sisannya masuk kedalam kategori sedang. Tiga karakter yang masuk kedalam kategori tinggi adalah Strategy, Staffs, Shared Values. Sedangkan empat karakteristik yang masuk kedalam kategori sedang adalah Structure, System, Style, Skills. Di samping itu didapat juga hasil penelitian tambahan yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan skor penilaian antara karyawan yang bekerja kurang dari satu tahun dan karyawan yang bekerja selama satu sampai tiga tahun.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)