Metode eksperimen adalah salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran IPA agar siswa dapat membuktikan secara langsung kebenaran suatu teori dengan melakukan percobaan. Dalam metode eksperimen siswa belajar untuk mengamati, mengklasifikasikan, mengomunikasikan, mengukur, memprediksi dan menyimpulkan suatu objek. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya khususnya tentang perubahan wujud dan sifat suatu benda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPA kelas IV dengan topik perubahan wujud benda dan sifatnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Damai. Subjek berjumlah 34 orang (13 orang perempuan dan 21 orang laki-laki). Guru sekaligus peneliti, dan dibantu oleh seorang guru pamong dan dua orang teman yang ada dalam tim penelitian yang bertugas untuk mengobservasi dan memberi masukan serta membantu dokumentasi selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dengan satu kali pertemuan dan setiap pertemuan dilakukan dengan empat tahap utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam siklus I, siswa belajar tentang perubahan wujud benda padat, cair, dan gas dengan melakukan tiga macam eksperimen Dalam siklus II siswa belajar tentang perubahan wujud benda akibat zat pelarut dan pembakaran dengan melakukan dua macam eksperimen. Hasil dari setiap siklus menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Sebelum pelaksanaan siklus rata-rata nilai awal siklus adalah 63,44. Pada siklus I rata-rata LKS I 64,85, LKS2 rata-rata 84,11, dan nilai observasi siswa 75,58. Pada siklus II rata-rata LKS 91,17, rata-rata tes akhir 87, dan rata-rata nilai observasi siswa 86,17. Minat siswa terhadap pembelajaran IPA juga semakin meningkat yaitu dari rata-rata 84,62% meningkat menjadi 89,89%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Damai dalam mata pelajaran IPA dengan topik perubahan wujud benda. Oleh karena itu disarankan kepada para guru supaya dapat menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran.dan satu demonstrasi dilakukan oleh guru. |