Setiap perusahaan menjadikan kepuasan konsumen sebagai sebuah tujuan. Konsumen yang puas akan melakukan pembelian secara terus menerus, merekomendasikan produk-produk perusahaan kepada orang lain, bahkan menjadi loyal terhadap perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis akan melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kursus di Yamaha Musik”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada kursus tersebut. Dalam mengumpulkan data, penulis menyebarkan 120 kuesioner ke siswa yang kursus di Yamaha Musik dengan metode convinience sampling. Kuisioner disebarkan dari tanggal 28 Oktober 2009 sampai dengan tanggal 15 November 2009. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan perhitungan Mean Score (MS) dan Overall Mean Score (OMS) dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepuasan responden pada kursus Yamaha Musik terhadap loyalitas responden. Responden sangat puas dan loyal terhadap pelayanan kursus di Yamaha Musik. |