Tujuan sebuah perusahaan dalam melakukan kegiatan usaha yaitu untuk peningkatan ekuitas. Sementara untuk bisa meningkatkan ekuitas diperlukan pertumbuhan dalam profitabilitasnya. Perusahaan yang profitable biasanya bersifat produktif, artinya menyesuaikan antara benapa nilai cost serta nilai revenuenya. Untuk dapat meningkatkan produktivitas perusahaan, kualitas produk serta kualitas Iayanan sangat disarankan. OIeh sebab itu penelitian ini menilik seberapa pengaruhnya nilai fokus kepada pelanggan (customer focus), proses perbaikan berkesinambungan (continuous process improvement) serta keterlibatan personal (total involvement) terhadap tingkat produktivitas pada perusahaan PT Tempo Scan Pacific Tbk. Dengan menggunakan sampel sebanyak 186 responden, dengan menggunakan tehnik analisis korelasi dan regresi untuk menguji hipotesis penelitian mi, ditemukan kesimpulan bahwa nilai koefisien korelasi antara fokus terhadap pelanggan dengan produktivitas sebesar r = 0,372 pada tingkat signifikan : 0,003. Sementara nilai koefisien korelasi antara proses perbaikan berkesinambungan dengan produktivitas kuat, yaitu dengan r = 0,637 pada nilai signifikan 0,001, sedangkan variabel keterlibatan personal mempunyai nilai koefisien r = 0,638 pada nilai sigriifikàn 0,005. Secara terpisah variabel bebas memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap produktivitas, yaitu 13,8% untuk vanabel customer focus, 40,5% untuk vaniabel continuous process improvement serta 40,7% variabel total involvement. Sisi lain korelasi simultan untuk ketiga vanabel bebas terhadap produktivitas terbukti mempunyai nilai R = 0,688, artinya memiliki korelasi yang kuat. Dengan nilai F hitung sebesar 5,649 dan tingkat signifikan = 0,005. Uji regresi berganda variabel bebas menghasilkan persamaan garis linier : Y=18,482 + .O,425X, + O,324X2 + 0,118X3 + e. Dari persamaan tersebut, terlihat variabel CF, CPI serta TI memberikan pengaruh signifikan serta positif terhadap peningkatan produktivitas. |