Dalam rangka mempertahankan usaha serta memastikan efektivitas dan efisiensi, maka perlu dilakukan audit manajemen alas fUngsi Iayanan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan peianggan. Fungsi customer service memiliki peran penting dalam peticembangan usaha PT Bayu Buana Tbk. Hal mi disebabkan karena PT Bayu BuanaTbk ada~ahperusahaan yang bergerak di bidangjasa, yang bertiubungan tangsung dengan pelanggan. PenulIs.melakukan penelitian mi untuk menilai efektivitas dan efisiensi dan peiaksanaan fUngsi customer service PT Bayu Buana Tbk. Hal ini dliakukan karena dalarn menjalankan keglatan manajemen Iayanan pelanggan, rnasih mungkin terjadi penyimpangan dalam implementasinya Dalarn hal ml penulis melakukan analisis terhadap audit pendahuluan, tujuan dan fungsi layanan pelanggan, perencanaan dalam meningkatkan dan mempertahankan kuahtas Iayanan, fungsi pengendalian internal, serta anaftsts terhadap efèktivitas dan efisiensi füngsi customer service. Metode yang digunakan adatah dengan metakukan wawar~ra,pengamatan, dan evaluasi feedback form yang telah diisi oleh pelanggan. Dari hasil analisis tersebut penulis menyimpulkanbahwa PT Bayu Buana Tbk telah memiliki dan mengimplemenltasikan perencanaan dalam mempertahankan dan meningkatkan layanan yang berkualitas, prosedur yang dilakukan telah sesuai dengan kebijakan perusahaan, dan telah melakukan evaluasi terhadap pelanggan. |