Penelitian ml menggunakan path analysis (analisis jalur) untuk menginvestigasi pengaruh dan sistem pengendalian manajemen (yang dibatasi hanya pada quality goal, quality feedback, dan quality incentives) pada kinerja kualitas (quality performance), pengaruh kinerja kualitas terhadap kinerja keuangan dan kepuasan pelanggan, serta pengaruh kepuasan pelanggan pada kinerja keuangan perusahan manufaktur di Jabodetabek. Peneliti menggunakan accidental sampling sebagai metode pengambilan sampelnya. Accidental sampling adalah metode pemilihan sampel dan orang atau unit yang paling mudah ditemul atau diakses. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan manufaktur baik yang go public maupun non go public di Jabodetabek dengan menyebarkan 250 kuesioner. Jumlah Kuesioner yang dikembalikan dan Iayak untuk dianalisis adalah 107 kuesioner. Proses pengujian hipotesis diperoleh dan pengolahan data menggunakan software Amos versi 5.0 dengan menggunakan metode Path Analysis. HasH dan uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa hipotesis pertama, ketiga, keempat, kelima, dan keenam ditenima sedangkan hipotesis kedua ditolak. Hasil penelitian mi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sasaran kualitas (quality goal) dan insentif kualitas (quality incentives) terhadap kinerja kualitas (quality performance). |