Dewasa ini, masyarakat banyak menjumpai satu jenis produk yang sama lebih dari satu merek. Berbagai produk dengan bermacam-macam merek tersebut berlomba-lomba untuk dapat memenangkan pasar. Semua produk tersebut memiliki harapan agar dapat menjadi yang terdepan di bidangnya. Hal ini menyebabkan munculnya persaingan antar perusahaan yang semakin ketat dan terus meningkat. Dalam usahanya untuk memenagkan pasar dan menarik perhatian serta minat beli konsumen, perusahaan menjalankan strategi pemasaran. Dalam skripsi ini, peneliti menggunakan bauran pemasaran 4P : Product, Price, Place, dan Promotion. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar Sarjana Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Administrasi Niaga Atma Jaya. Adapun penelitian skripsi ini mengunakan metode non probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi kemungkinan yang sama bagi tiap unsur populasi untuk dipilih menjadi sampel. Dalam menentukan calon responden, peneliti menggunakan purposive sampling atau judgement sampling, yaitu dengan mengambil orang-orang yang terpilih betul oleh peneliti menurut ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh sampel itu. Peneliti mengambil sample dari 50 orang responden yang berkunjung ke Blu Apple pada bulan November dan Desember 2009. Hasil dari penelitian ini adalah persepsi konsumen baik mengenai strategi dan taktik komunikasi pemasaran Blu Apple. Ini terlihat dari hasil perhitungan menggunakan skala Likert dengan mendapat nilai rata-rata baik, yaitu skor 3-4. |