Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekuitas merek (brand equity) telepon selular BlackBerry, tingkat keputusan pembelian telepon selular BlackBerry dan untuk mengetahui pengaruh dari ekuitas merek (brand equity) terhadap keputusan pembelian telepon selular BlackBerry. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel ekuitas merek (brand equity) yang terdiri dari empat komponen yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas dan loyalitas merek sebagai variabel independen, serta variabel keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna telepon selular bermerek BlackBerry di wilayah Jakarta, sedangkan yang dipilih untuk menjadi sampel adalah sebanyak 270 orang pengguna telepon selular BlackBerry yang berada di pusat perbelanjaan di Jakarta, seperti Plasa Semanggi, Pacific Place, Plasa Senayan, Plasa Indonesia, dan Grand Indonesia. Sampel diambil melalui metode non-probability sampling dengan menggunakan teknik convenience sampling Berdasarkan analisis yang dilakukan diketahui bahwa secara keseluruhan ekuitas merek (brand equity) dari telepon selular Blackberry dipersepsikan sangat baik oleh responden yang diteliti. Tingkat keputusan pembelian dari telepon selular Blackberry secara keseluruhan tergolong sangat tinggi. Dari analisis yang dilakukan juga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari ekuitas merek (brand equity) terhadap keputusan pembelian telepon selular BlackBerry. |