Anda belum login :: 05 Jun 2025 03:04 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Pengaruh Kegiatan Customer Relationship Management Berupa Komunitas Pada RS.Pusat Pertamina Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Kasus: Komunitas Sentral Informasi Diabetes Lipid)
Bibliografi
Author:
MUSVIKA, BUNGA
;
Widiasari, Natalia
(Advisor)
Topik:
Public Relation
;
Customer Relationship Management
;
Marketing Public Relation
;
Loyalitas
;
Pemasaran
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2010
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Bunga Musvica's Undergraduated Theses.pdf
(432.05KB;
38 download
)
Bunga Musvika FIAN-1585-Pendukung.pdf
(69.63KB;
1 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1585
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Customer Relationship Management (CRM) berkonsentrasi pada apa yang dinilai pelanggan, bukanlah pada apa yang perusahaan ingin jual. Banyak kegagalan program loyalitas terjadi karena organisasi perusahaan tidak mengetahui bagaimana pelanggan memperoleh manfaat dari program tersebut. CRM bukanlah pengobatan sementara, akan tetapi merupakan penghasil laba jangka panjang. Tujuan sebenarnya CRM adalah mengelola (dan mengubah atau memperkuat) perilaku pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh kegiatan CRM tersebut terhadap loyalitas customer yang dalam hal ini adalah pasien RS. Pusat Pertamina (RSPP). Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode pengumpulan data kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dalam bentuk hubungan kausal, pendekatan penelitian asosiatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih, sedangkan hubungan kausal adalah hubungan sebab akibat antar variabel tersebut. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan survey, mengadakan beberapa wawancara kepada pihak RSPP, dan menyebarkan kuesioner kepada pasien yang tergabung dalam anggota komunitas Sentral Informasi Diabetes Lipid (SIDL) RSPP, untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan komunitas yang dilakukan RSPP tersebut terhadap loyalitas pasien. Penelitian ini bersifat korelasi antara dua variabel yaitu dependen dan independen serta determinasi untuk mengukur seberapa besar kontribusi variabel-variabel independen terhadap variabel dependen, sehingga pada akhirnya digunakan uji hipotesis menggunakan t-test agar variabel satu dan lainnya diketahui signifikan atau tidak. Metode pengambilan sampling yang digunakan adalah dengan probability sampling yaitu teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel dalam menentukan besarnya sampel penulis penggunakan rumus Slovin sehingga hasil perhitungan jumlah responden adalah 86 orang. Sumber data yang utama diperoleh dengan menggunakan daftar kuesioner dan data kepustakaan. Hasil penelitian ini secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa kegiatan CRM yang dilakukan RSPP berupa komunitas Sentral Informasi Diabetes Lipid (SIDL) berhasil karena respon anggota komunitas cukup baik dan sangat mempengaruhi loyalitas mereka sebagai pasien terhadap RSPP.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)