Anda belum login :: 18 Apr 2025 22:51 WIB
Detail
BukuAnalisis Penerapan Target Costing Terhadap Penentuan Harga Jual Pada Produk Susu Kental Manis PT Indomilk
Bibliografi
Author: HARTANTI, CORRY ; ISHAK THE (Advisor)
Topik: Biaya; Definisi dan Karakteristik Target Costing
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-3877
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Sesuai dengan going concern postulate, perusahaaan didirikan dengan tujuan beroperasi dalam jangka panjang. Persaingan dalam era globalisasi semakin ketat, namun perusahaan harus tetap dapat bertahan. Salah satu caranya
adalah dengan mendapatkan laba seoptimal mungkin. Di sisi lain, terjadi peningkatan biaya bahan baku dan biaya-biaya operasional perusahaan serta menurunnya daya beli masyarakat karena krisis ekonomi. Hal ini berdampak pada penurunan laba perusahaan, sehingga perusahaan harus mencari alternatif lain agar tetap dapat mencapai target profit yang telah ditetapkan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah metode target costing.
Metode ini cocok untuk digunakan karena memperhatikan kepentingan kedua belah pihak, yaitu perusahaan dan konsumen. Melalui penerapan metode ini, laba yang ditetapkan oleh perusahaan tetap dapat tercapai dan kebutuhan,
selera serta daya beli konsumen tetap diperhatikan.
PT Indomilk menggunakan metode cost based dalam penetapan harga jual, namun seiring dengan perkembangan situasi perekonomian saat ini, metode tersebut mengakibatkan target laba yang telah ditetapkan tidak tercapai. Hal ini
disebabkan karena perusahaan tidak dapat menaikkan harga jual, dengan tujuan agar konsumen tidak beralih ke produk pesaing. PT Indomilk mengawali penerapan target costing dengan melakukan penelitian pasar, menentukan
target harga, laba dan biaya, dan dilanjutkan dengan melakukan penghematan (value engineering) pada biaya bahan baku , biaya produksi tidak langsung, dan penurunan biaya operasional. Penerapan target costing di PT Indomilk dapat dikatakan berhasil, karena
melalui penerapan metode ini, PT Indomilk dapat mengeluarkan produk dengan harga yang dapat diterima oleh konsumen, yaitu sebesar Rp 7,000 per kaleng, serta dapat mencapai laba dari harga jual melebihi target yang telah ditetapkan
yaitu yang sebesar 17% meningkat menjadi sebesar 19,79% dari harga jual.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)