Anda belum login :: 09 Jun 2025 22:48 WIB
Detail
BukuHubungan Locus of control pada Mata Kuliah Statistik II dan Prestasi Belajar Statistik II (Studi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya)
Bibliografi
Author: HARLIE, RIA JUNETA ; Shanti, Theresia Indira (Advisor)
Topik: Prestasi Belajar; Locus of control
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Ria Juneta Harlie's Undergraduated Theses.pdf (217.54KB; 60 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1442
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Prestasi belajar adalah hal yang penting, karena melalui prestasi belajar seseorang menunjukkan kualitas-kualitas yang dimilikinya. Prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun faktor internal. Pada penelitian ini, peneliti akan berfokus pada faktor internal yaitu hal-hal yang ada dalam diri pelajar, karena pelajar merupakan agen sentral dari pembelajaran itu sendiri, khususnya locus of control. Locus of control adalah keyakinan yang dimiliki individu mengenai kendali atas kejadian-kejadian dalam hidupnya. Locus of control sudah cukup sering dikaitkan dengan prestasi belajar dan dikatakan sebagai antecedent atau hal yang menyebabkan perilaku seseorang, dalam hal ini perilaku dalam melakukan aktivitas belajar yang kemudian akan menentukan kualitas-kualitas pelajar yang terukur melalui prestasi belajar. Dikatakan bahwa pelajar dengan locus of control internal akan memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan pelajar yang memiliki locus of control eksternal. Akan tetapi selama ini belum terdapat kesamaan dalam hasil penelitian yang membuktikan bahwa locus of control memang berkaitan dengan prestasi belajar. Teori lain mengatakan bahwa hubungan antara locus of control dan prestasi belajar ditemukan melemah dalam beberapa penelitian pada bidang studi yang dianggap sulit oleh pelajar. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh mengenai hubungan locus of control dengan prestasi belajar, khususnya prestasi belajar Statistik II pada mahasiswa Fakultas Psikologi di Unika Atma Jaya. Hal tersebut dikarenakan ditemukannya fenomena kesulitan mempelajari statistik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya. Untuk mengkur locus of control pada penelitian ini, digunakan Rotter’s Internal – External Locus of Control Scale, yang telah disesuaikan oleh peneliti dengan situasi dan kondisi penelitian ini. Untuk mengukur prestasi belajar Statistik II digunakan nilai akhir statistik II. Karakteristik sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya yang telah mengambil kelas Statistik II pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 dengan dosen pengajar yang sama. Sampel yang digunakan berjumlah 50 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara locus of control pada mata kuliah Statistik II dengan prestasi belajar Statistik II pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)