Anda belum login :: 09 Jun 2025 22:52 WIB
Detail
BukuHubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kepuasan Kerja Guru SMP Dan SMA Bunda Hati Kudus Kota Wisata
Bibliografi
Author: SUMARANDAK, JOIS MARIA ; Sudarnoto, Laura Francisca Neneng (Advisor)
Topik: Kecerdasan Emosional; Kepuasan Kerja
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Jois Maria Sumarandak's Undergraduated Theses.pdf (147.58KB; 61 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-405
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kecerdasan Emosional adalah kemampuan untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati), dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Kepuasan Kerja adalah keadaan emosional yang menyenangkan atau tidak menyenangkan dalam menghayati dan melaksanakan pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kepuasan kerja guru SMP dan SMA Bunda Hati Kudus (BHK) Kota Wisata. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional. Metode pengumpulan data menggunakan skala penilaian yang digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional dan kepuasan kerja guru. Instrumen kecerdasan emosional terdiri dari 116 pernyataan, 67 pernyataan dinyatakan valid dan reliabilitas instrumen sebesar 0.96. Instrumen kepuasan kerja guru terdiri dari 51 pernyataan, 33 pernyataan dinyatakan valid dan reliabilitas instrumen sebesar 0.94. Hasil korelasi antara Pemahaman Kecerdasan Emosional dengan Kepuasan Kerja Guru diperoleh hasil 0.559, dengan signifikansi 0,000 oleh karena hasil symphansi (p) lebih kecil dari 0,05 maka hasil ini menunjukkan korelasi yang positif dan sifnifikan. Dengan kata lain kecerdasan emosional berkolerasi positif dan signifikan dengan kepuasan kerja guru. Hal ini berarti semakin tinggi kecerdasan emosional guru semakin tinggi kepuasan kerja guru. Koefisien determenasi sebesar 31,2 hal ini diartikan bahwa kepuasan kerja guru dijelaskan oleh variabel kecerdasan emosional sebesar 31,2 %. Saran peneliti bagi kepala sekolah diharapkan lebih peka dalam menanggapi kebutuhan para guru dengan melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran (laboratorium yang menunjang seluruh mata pelajaran misalnya bahasa, matematika dll, penambahan komputer, LCD)
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)