Anda belum login :: 24 Jul 2025 00:02 WIB
Detail
BukuPenerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SD Santo Vincentius
Bibliografi
Author: RAHAYU, MURNI ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: Pendekatan Kontekstual; Pembelajaran Matematika; Karakteristik Anak
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-108
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pendekatan Kontekstual adalah pendekatan dalam proses pembelajaran yang mengaitkan materi yang dipelajari dengan dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil belajar adalah kemampuan seseorang atau ukuran tingkat keberhasilan seseorang dalam menguasai pengetahuan, dimana ia belajar dan memiliki keterampilan tertentu setelah ia melakukan suatu proses kegiatan yang menjadi suatu pengalaman dan menghasilkan perubahan yang dinyatakan dalam suatu kecakapan, kebiasaan, sikap, serta pengetahuan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( classroom action research). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Santo Vincentius Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah siswa –siswi SD kelas IIB tahun ajaran 2009-2010 sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki, satu orang guru sebagai peneliti, dibantu oleh observer dan pengambil dokumentasi. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus. Siklus pertama dan kedua diadakan satu kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Tujuan dari dua siklus ini adalah agar anak dapat memahami mengenai konsep pengukuran berat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika mereka. Hal ini dilakukan dengan cara membawa siswa pada dunia nyata mereka melalui praktek yang dilakukan.


iv


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika dapat meningkat dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Melalui pendekatan ini siswa dapat mengaitkan materi yang mereka pelajari dengan kehidupan nyata yang mereka alami sehari-hari, sehingga belajar menjadi bermakna. Siswa dapat menetukan sikap mereka dalam hal belajar. Penerapan pendekatan kontekstual cenderung meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru memiliki kemampuan untuk menerapkan pendekatan kontekstual yang menarik siswa dalam proses pembelajaran. Bagi para siswa agar terus dapat meningkatkan hasil belajar matematika sebagai modal bagi masa depannya agar dalam menghadapi persaingan yang semakin tinggi di era globalisasi sekarang ini. Bagi sekolah agar dapat mengembangkan pembelajaran matematika di sekolah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)