Anda belum login :: 19 Apr 2025 00:36 WIB
Detail
BukuUpaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Penerapan Teknik Melengkapi Cerita Pada Siswa Kelas VB SD Tarakanita I
Bibliografi
Author: LESTARI, FRISCA DWI ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Keterampilan Menulis Karangan; Kemampuan Menulis; Mengaramg Cerita
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Frisca Dwi Lestari's Undergraduated Theses.pdf (209.26KB; 22 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-98
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Keterampilan menulis adalah keterampilan mengemukakan pikiran, keterampilan menyampaikan perasaan melalui bahasa tulis. Karangan bentuk deskripsi berarti karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, sehingga pembaca dapat melihat, merasakan, ataupun mendengar sendiri sesuatu yang diungkapkan oleh penulis. Dengan kata lain karangan deskripsi merupakan karangan yang bertujuan untuk menghidupkan kesan dan daya imajinasi pembaca.
Teknik melengkapi cerita adalah suatu teknik keterampilan menulis cerita yang dihilangkan sebagian. Bagian yang dihilangkan itu boleh di bagian awal/tengah ataupun akhir cerita. Kemudian cerita tersebut dilengkapi secara tertulis. Manfaat teknik melengkapi cerita adalah berlatih menulis cerita dengan melengkapi bagian cerita yang rumpang. Dengan begitu, siswa dapat lebih mengembangkan imajinasinya dalam menulis. Selain itu, siswa juga harus memperhatikan antara paragraf yang satu dengan paragraf yang lain sehingga isi cerita pada bagian yang rumpang dapat saling berhubungan. Jangan sampai cerita yang ditulis jauh dari alur cerita aslinya.
Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui teknik melengkapi cerita pada siswa kelas VB SD Tarakanita I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VB SD Tarakanita I sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang biasa disebut Classroom Action Reseach.
Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus dan diawali dengan prasiklus. Pada prasiklus siswa diminta menulis karangan deskripsi untuk mengetahui keterampilan menulis. Siklus pertama siswa menulis karangan deskripsi dengan menerapkan teknik melengkapi cerita pada bagian akhir paragraf. Siklus kedua peneliti menerapkan teknik melengkapi cerita pada bagian tengah paragraf.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan teknik melengkapi cerita dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Hal ini dibuktikan dari hasil KKM SD Tarakanita I dengan hasil penelitian yang mengalami peningkatan, yaitu 73% menjadi 100%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi guru dan mahasiswa PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) yang akan praktik mengajar dapat menerapkan teknik melengkapi cerita dalam keterampilan menulis karangan deskripsi sehingga pembelajaran menulis siswa menjadi bermakna dan tidak membosankan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)