Anda belum login :: 21 Apr 2025 13:33 WIB
Detail
BukuPenerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Topik Pengukuran Kubus dan Balok Siswa Kelas VI D di SD Tarakanita 2 Jakarta
Bibliografi
Author: SUGIYONO, ANDREAS ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: Pembelajaran Inquiry Discovery; Pembelajaran Matematika
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2010    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-96
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan tenik pembelajaran. Inquiry discovery adalah model yang digunakan dalam proses pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan pengalaman secara langsung melalui pertanyaan, mencari informasi, dan penyelidikan sampai mendapatkan suatu hasil penemuan. Hasil belajar adalah perubahan perilaku individu yang belajar dalam kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik sesuai dengan tujuan matematika.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pengukuran kubus dan balok kelas VI D di SD Tarakanita 2 Jakarta. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas ( classroom action research ). Subyek penelitian 27 siswa kelas VI D Tarakanita 2 Jakarta. Penelitian terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan siklus kedua terdiri dari dua pertemuan. Penerapan model pembelajaran inquiry discovery pada siklus pertama bertujuan memantapkan materi volume kubus dan balok dengan membuktikan rumus volume kubus dan balok melalui eksperimen. Penerapan model pembelajaran inquiry discovery pada siklus kedua bertujuan untuk memantapkan pemahaman materi luas permukaan kubus dan balok dengan membuktikan rumus luas permukaan kubus dan balok melalui eksperimen. Dengan membuktikan rumus pada pengukuran kubus dan balok diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat digunakan untuk memecahkan masalah pengukuran kubus dan balok yang ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil penelitian adalah hasil belajar yang diperoleh siswa pada pre tes mengalami peningkatan pada pos tes baik siklus pertama maupun siklus kedua. Hasil rata-rata pre tes dan pos tes siklus pertama dan kedua tercantum dalam tabel dan diagram. Penerapan model pembelajaran inquiry discovery membantu siswa dalam pengetahuan yang diperoleh diharapkan bertahan lama, mempunyai efek transfer yang baik sehingga dapat meningkatkan penalaran dan kemampuan berpikir secara bebas, serta melatih keterampilan-keterampilan kognitif untuk menemukan dan memecahkan masalah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)