Saat ini banyak bermunculan pasar modern yang turut meramaikan persaingan, seperti Hero, Makro, Carrefour, Giant, Hypermart, Alfa, dan lainlain. Sejak beroperasi, Giant Villa Melati Mas telah mampu menarik banyak konsumen. Hal ini membuat penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana kepuasan konsumen terhadap kualitas layanan ritel yang diberikan Giant Villa Melati Mas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar kepuasan konsumen terhadap layanan ritel yang diberikan Giant Villa Melati Mas. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis pemetaan kuadran terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan rentan perbedaan antara atribut yang diharapkan atau dipentingkan konsumen dengan kenyataan atau kinerjanya (fakta). Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 100 responden yang berbelanja di Giant hypermarket Villa Melati Mas, dapat ditarik simpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen Giant antara lain berasal dari atribut : (1)Physical Aspect: Layout atau desain GIANT memudahkan konsumen bergerak dan menemukan apa yang mereka butuhkan, (2)Personal Interaction: Karyawan GIANT secara konsisten bersikap sopan terhadap konsumen,dan (3)Problem Solving:GIANT Bersedia menangani retur atau penukaran, jika pelanggan mengalami masalah GIANT memberikan perhatian tulus untuk menyelesaikannya. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kepuasan responden terhadap Giant Villa Melati Mas berada pada tingkatan cukup puas. Dari 100 responden, tingkat kepuasan sebesar 81,47%terhadap Giant Villa Melati Mas. |