Pemenuhan kebutuhan hidup adalah tuntutan mengapa individu bekerja, berkenaan dengan hal tersebut yaitu tuntutan ekonomi serta pengembangan karir, gejala stres berkembang ditengah masyarakat. Stres pada para karyawan ini merugikan perusahaan dan menghambat perusahaan mencapai tujuan untuk memperoleh keuntungan sebesar – besarnya, keuntungan ini dapat dicapai apabila pelanggan sebagai jantung jalannya perusahaan merasa puas sehingga menggunakan produk atau jasa perusahaan yang bersangkutan. Untuk melayani kebutuhan pelanggan, perusahaan menyediakan suatu bagian yang disebut customer relation yang bertugas melayani segala sesuatu yang menyangkut masalah pelanggan. Tuntutan kerja sebagai unit ini yaitu memuaskan pelanggan serta adanya tuntutan pemenuhan kebutuhan hidup mengakibatkan karyawan customer relation mengalami stres kerja. Stres kerja yang berkepanjangan dan tidak dapat diatasi (kronik) mengakibatkan timbulnya burnout yang ditandai oleh gejala-gejala fisik maupun psikologis yang merugikan. Munculnya gejala – gejala ini, dipengaruhi oleh faktor-faktor, salah satu diantaranya adalah jenis kelamin, yaitu apakah sistem biologis yang berbeda yang menjadi identitas dasar manusia mengakibatkan perbedaan burnout. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan burnout antara pria dan wanita pada profesi customer relation. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi penelitian adalah karyawan Customer Relation di Indonesia. Sampel penelitian sebanyak 85 orang, yang diambil dengan menggunakan metode accidental sampling.Untuk menguji perbedaan dalam penelitian ini digunakan alat ukur burnout menurut teori Greenberg dan Baron (2003). Data penelitian diolah dengan menggunakan teknik statistik Uji T independent sampling dengan bantuan program SPSS versi 15.0. Hasil penelitian menjelaskan bahwa tidak terdapat perbedaan burnout antara pria dan wanita pada profesi customer relation (t = -0,820; P(0,635)> 0,05). Salah satu kemungkinan tidak signifikannya perbedaan burnout antara pria dan wanita pada profesi customer relation adalah pengambilan sampel yang tidak berdasarkan industri yang spesifik, dengan konteks perbedaan tingkat stressor pada industri yang berbeda |