Kendaraan bermotor memberikan kemudahan untuk kegiatan mobilitas manusia. Perkembangan yang pesat terjadi di dunia industri otomotif, khususnya sepeda motor. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan yang bekerja di bidang jasa service sepeda motor harus memantau konsumennya agar puas atas pelayanan yang diberikan oleh bengkel tersebut. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara marketing mix dan dimensi jasa dan juga mengetahui marketing mix dan dimensi jasa apa saja yang paling banyak dipilih oleh pelanggan di PT. Laksana Kencana Gemilang. Penelitian ini mengambil populasi 750 orang dan menggunakan rumus Slovin untuk mengetahui jumlah sample. Jumlah sample di penelitian ini sebanyak 90 orang. Semua variabel dalam penelitian ini diwakili 26 pertanyaan pada kuesioner. Setelah semua kuesioner terkumpul, data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan program SPSS 16.0 khususnya analisis Mean Score, Overall Mean Score, dan korelasi Pearson. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara marketing mix dan dimensi jasa di PT. Laksana Kencana Gemilang. Bagian dari marketing mix yang mempunyai hubungan yang kuat dengan bagian dari dimensi jasa adalah promotion dan jaminan. Bagian dari marketing mix yang paling tinggi nilainya adalah promotion, dan di bagian dimensi jasa yang paling tinggi nilainya adalah berwujud. Dari hasil yang disimpulkan bahwa semakin baik marketing mix, maka semakin baik juga dimensi jasanya. |