Anda belum login :: 05 Jun 2025 02:47 WIB
Detail
BukuAnalisis Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Strategi Pemasaran Pada PT Dasary Jaya Karya
Bibliografi
Author: NARDIANA, ERLYN RUSMIRA ; Widiasari, Natalia (Advisor)
Topik: Strategi Pemasaran; Customer Relationship Management; CRM
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1561
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pada dekade tahun 70-an dan 80-an pasar bersifat monolitik yang disebabkan oleh keseragaman akan kebutuhan dan selera konsumen. Kondisi ini berubah, saat ini persaingan semakin marak di hampir semua sektor usaha. Oleh karena itu, sebagai produsen barang atau jasa perlu mengenal dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan agar pelanggan tidak beralih kepada kompetitor. Salah satu cara membina hubungan baik dengan pelanggan dilakukan dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM). CRM ini berkonsentrasi pada apa yang dinilai pelanggan (what customer values), bukanlah pada apa yang perusahaan ingin jual. Perusahaan yang memandang pemeliharaan hubungan dengan pelanggan adalah PT Dasary Jaya Karya. PT DJK melaksanakan pemeliharaan hubungan melalui strategi pemasaran walaupun PT DJK sendiri tidak mengetahui konsep CRM. Karena latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan CRM sebagai strategi pemasaran pada PT DJK. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT DJK berkaitan dengan 4P (produk, harga, distribusi, promosi). Selain itu dalam menjalin hubungan dengan pelanggan PT DJK memberikan kemudahan dalam pemesanan, pembayaran, dan sarana keluhan. PT DJK juga mengadakan program "Temu Pelanggan" yang bertujuan untuk penggalian data pelanggan/ klien. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan cara wawancara mendalam (in depth interview) pada informan yaitu bagian pemasaran PT DJK sebagai pihak yang mengetahui, mengatur dan menjalankan strategi pemasaran perusahaan dan klien dari PT DJK sebagai proses validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT DJK menerapkan CRM dan menganggap bahwa pemeliharaan hubungan dengan pelanggan adalah penting yang dilaksanakan melalui strategi pemasaran.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)