Dewasa ini, keputusan konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi suatu produk lebih dipengaruhi oleh merek (brand) produk tersebut. Oleh karena itu, mengelola ekuitas merek merupakan salah satu cara untuk meningkatkan atribut keunggulan bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ekuitas merek dari merek minuman coklat berenergi Milo, tingkat loyalitas konsumen minuman coklat berenergi Milo, serta untuk mengetahui hubungan antara ekuitas merek dari merek minuman coklat berenergi Milo dengan loyalitas konsumennya. Dalam mengumpulkan data, penulis melakukan penyebaran kuesioner di kampus UNIKA Atma Jaya Jakarta pada bulan Mei 2009. Kuesioner disebarkan kepada 100 orang responden mahasiswa/i fakultas ekonomi UNIKA Atma Jaya, dengan menggunakan metode judgemental sampling. Variabel independen ekuitas merek memiliki lima indikator yaitu kesadaran merek, penampilan merek, pencitraan merek, pertimbangan terhadap merek, dan penilaian terhadap merek. Sedangkan variabel dependen loyalitas merek memiliki empat indikator yaitu pembelian ulang dan teratur, membeli di luar lini produk, merekomendasikan orang lain, dan menolak produk pesaing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden setuju dengan semua indikator-indikator ekuitas merek yang diciptakan dan dibangun oleh merek minuman coklat berenergi Milo, hal ini dilihat dari hasil overall means score ekuitas merek sebesar 4,205. Untuk loyalitas konsumennya, responden minuman coklat berenergi Milo sudah memiliki sikap loyal,dilihat dari hasil overal means score sebesar 3,830. Untuk uji korelasi antara variabel ekuitas merek dan variabel loyalitas konsumen, hasil penelitian menyatakan bahwa ada hubungan antara ekuitas merek minuman coklat berenergi Milo dengan loyalitas konsumennya sebesar 0,531. Hubungan diantara keduanya termasuk dalam kategori sedang. |