Perkembangan dunia dewasa ini menuntut tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas. Agar dapat memenuhi tuntutan tersebut maka pendidikan merupakan jawaban untuk mempersiapkan tenaga kerja yang berkualitas. Pada kesempatan ini penulis meneliti fungsi operasional sistem pengajaran di SMA St. Fransiskus I. Penelitian dilakukan dengan membandingkan data dari tahun ajaran 2003/2004 sampai 2008/2009. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dengan guru dan kepala sekolah, dan kuisioner kepada murid-murid SMA St. Fransiskus I dan guru-guru serta melakukan analisis terhadap tingkat kelulusan murid-murid SMA St. Fransiskus I. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum fungsi opersional sistem pengajaran telah diterapkan dengan baik, walaupun masih terdapat beberapa ketidakefisien seperti tidak adanya tes masuk bagi calon siswa, kelengkapan fasilitas pendukung yang kurang jumlahnya, dan tidak adanya pelatihan pengembangan untuk para guru. Oleh karena itu perlu diadakan pembenahan dalam sistem manajemen sekolah. |