Berbagai kegiatan periklanan dan promosi melalui komunitas merek menjadi sangat fenomenal (Oh & Kim, 2004). Hal ini dikarenakan komunitas merek sudah tidak terikat dengan lingkup geografis lagi (Muniz & O’Guinn, 2001). Salah satu komunitas merek yang sudah dikenal di dunia adalah Harley Davidson. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini penulis tertarik untuk menjadikan PT Mabua Harley-Davidson sebagai obyek penelitiannya. Penelitian ini akan membahas mengenai komitmen komunitas sebagai mediasi pengaruh karakteristik komunitas merek terhadap loyalitas merek Harley Davidson. Dimana penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Model (SEM) dengan software LISREL 8.51 for windows. Penelitian dilakukan kepada 150 responden yang menjadi komunitas Harley Davidson di Jakarta, tepatnya di PT Mabua Harley-Davidson, TB Simatupang – Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik komunitas merek secara signifikan mempengaruhi pembentukan loyalitas merek Harley Davidson melalui komitmen komunitas sebagai mediasinya. |