Salah satu cara yang sejauh ini dinilai paling efektif untuk meningkatkan daya saing peritel adalah dengan memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen karena kualitas pelayanan akan mempengaruhi kepuasan konsumen. Salah satu cara untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas jasa ritel adalah dengan metode retail service quality. Metode ini menggunakan 5 dimensi kemudian diturunkan menjadi 28 atribut untuk mengetahui penilaian konsumen terhadap kualitas jasa ritel Giant. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Simple Random Sampling. Responden yang dipilih adalah konsumen perumahan Bumi Makmur yang berhasil dikocok. Penulis mengambil responden sejumlah 80 orang. Kuesioner yang dibuat diadopsi dari buku Marketing Scale, sehingga hanya dilakukan uji reliability dengan nilai Cronbach`s alpha minimal lebih dari 0.7. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas jasa ritel Giant cabang Pondok Gede dinilai oleh konsumen biasa saja atau dengan kata lain cukup baik, namun ada beberapa atribut yang harus diperbaiki oleh Giant cabang Pondok Gede, yaitu kebersihan, keatraktifan, dan kenyamanan ruang publik (kamar kecil), penyediaan produk sesuai dengan saat pelanggan menginginkannya, kecepatan karyawan dalam melayani pelanggan dan keaktifan karyawan dalam memberitahu pelanggan kapan persisnya layanan diberikan, ketulusan Giant dalam menyelesaikan masalah, dan penambahan fasilitas Giant kepada pelanggan dalam bentuk kartu membership. |