Universitas merupakan salah satu usaha yang harus memperhatikan pandangan dan harapan konsumen dalam hal pelayanan. Oleh karena itu universitas yang bagus dan bermutu tidak hanya dilihat dari fasilitas yang disediakan, metode pengajaran, tenaga pengajar yang profesional tapi juga dari pelayanan yang diberikan terhadap mahasiswa. Salah satu cara untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kualitas layanan fakultas dengan menggunakan metode perceived service quality. Metode ini menggunakan 3 dimensi yaitu kualitas interaksi, kualitas lingkungan fisik, kualitas hasil. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode simple random sampling. Responden yang dipilih adalah mahasiswa aktif 2008/2009 program studi Manajemen. Penulis mengambil responden sejumlah 96 orang. Kuesioner yang dibuat diadopsi dari buku Marketing Scale, sehingga hanya dilakukan uji reliability dengan nilai Cronbach`s alpha minimal lebih dari 0.7. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap kualitas layanan sekretariat Fakultas Ekonomi adalah biasa saja. Namun ada beberapa atribut yang harus diperbaiki oleh Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya, yaitu keramahan karyawan terhadap mahasiswa, karyawan harus lebih cepat merespon kebutuhan mahasiswa dan sekretariat harus memperhatikan waktu tunggu pelayanan bagi mahasiswa. |