Restoran di Indonesia khususnya di Jakarta saat ini berkembang sangat pesat. Hal ini berdampak pada semakin ketatnya persaingan antar restoran. Persaingan yang ketat ini ditandai dengan strategi-strategi yang dilakukan oleh restoran seperti harga yang bersaing, peningkatan kualitas pelayanan, tempat yang nyaman, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pilihan konsumen terhadap restoran McDonald’s atau Kentucky Fried Chicken. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data melalui studi kepustakaan serta studi lapangan dengan menyebarkan 100 kuesioner kepada responden yang pernah mengunjungi McDonald’s dan Kentucky Fried Chicken Pondok Gede Plasa di perumahan Duta Indah, pada tanggal 10 September 2008 sampai 25 September 2008. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Data yang diperoleh dari para responden kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan Mean Score, Overall Mean Score, dan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon. Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon digunakan untuk menguji beda data pasangan, dan untuk penelitian ini digunakan bentuk uji hipotesis satu sisi untuk sisi atas. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa responden lebih memilih atau menyukai Kentucky Fried Chicken. |