Dewasa ini, keputusan konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi suatu produk lebih dipengaruhi oleh merek (brand) produk tersebut. Oleh karena itu, peranan brand equity sangat berarti untuk mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian atas suatu produk. Sehubungan dengan hal ini, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan brand equity mobil Honda Jazz terhadap loyalitas konsumen. Dalam mengumpulkan data, penulis menyebarkan 100 kuesioner kepada responden di Kampus Semanggi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, dari tanggal 1-14 Oktober 2007, dengan metode judgemental sampling, yaitu bentuk dari convenience sampling dimana elemen populasinya dipilih berdasarkan penilaian dari peneliti. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis korelasi Spearman dan perhitungan mean score. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan kuat antara brand equity Honda Jazz dengan loyalitas konsumen. Ekuitas merek yang baik di benak konsumen akan menciptakan loyalitas yang baik pula pada responden Honda Jazz. |