Kedai kopi di Indonesia khususnya di Jakarta saat ini berkembang sangat pesat. Hal ini berdampak pada semakin ketatnya persaingan antar kedai kopi. Persaingan yang ketat ini ditandai dengan strategi-strategi yang dilakukan oleh coffee retail seperti harga yang bersaing, peningkatan kualitas pelayanan, tempat yang nyaman, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pilihan konsumen terhadap kedai kopi Mister Bean Coffee atau Brew n Co. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data melalui studi kepustakaan serta studi lapangan dengan menyebarkan 100 kuesioner kepada responden yang pernah mengunjungi Mister Bean Coffee dan Brew n Co di Cilandak Town Square, pada tanggal 21 Januari 2008 sampai 27 Januari 2008. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Data yang diperoleh dari para responden kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan Mean Score, Overall Mean Score, dan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon. Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon digunakan untuk menguji beda data pasangan, dan untuk penelitian ini digunakan bentuk uji hipotesis satu sisi untuk sisi atas. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa responden lebih memilih atau menyukai Brew n Co. |