Dalam memilih jasa pelatihan komputer yang baik, konsumen akan mempertimbangkan berbagai atribut yang terkandung didalamnya, karena berbagai atribut tersebut akan membentuk persepsi dalam benak konsumen mengenai kualitas pelayanan dari tempat pelatihan tersebut. Jika penyedia jasa pelatihan komputer dapat memberikan kualitas pelayanan yang sesuai atau bahkan melebihi harapan konsumen, maka akan membentuk loyalitas dari konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Binus Center. Dalam mengumpulkan data, penulis menyebarkan 100 kuesioner kepada pengguna jasa pelatihan komputer Binus Center di Raden Saleh, dengan metode convenience sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan kualitas pelayanan Binus Center berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Atribut-atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih jasa pelatihan komputer Binus Center adalah atribut-atribut assurance yaitu: instruktur yang memiliki kemampuan yang kompeten dibidangnya, instruktur yang ramah, instruktur dapat dipercaya kemampuannya, dan jaminan keamanan kepada trainee; dan atribut-atribut emphaty, yaitu: Instruktur dapat memahami apa yang menjadi kebutuhan trainee, instruktur dapat berkomunikasi dengan baik kepada trainee, dan instruktur mudah ditemui dan diminta tolong oleh trainee. Selain itu konsumen Binus Center cukup loyal. |