Persaingan pada media cetak saat ini semakin meningkat, semakin banyak media cetak yang bermunculan, salah satunya majalah. Hal ini menuntut perusahaan untuk terus melakukan penguatan ekuitas merek. Karena hanya produk dengan ekuitas merek yang kuat saja yang memiliki kemampuan untuk menguasai pasar dan persepsi pelanggannya. Dengan ekuitas merek yang kuat, tujuan perusahaan untuk selalu mengembangkan dan merebut pangsa pasar akan lebih mudah dicapai. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap ekuitas merek majalah Spice. Ada empat variabel utama yaitu Brand awareness, Perceived quality Brand association dan Brand loyalty. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, dengan mengambil responden sebanyak 100 orang mahasiswi fakultas ekonomi UNIKA Atma Jaya, Jakarta dan perhitungan MS dari atribut-atribut yang diteliti kemudian dicari Overall mean Score Total (OMS Total) untuk mengukur letak rata-rata penilaian responden dari variabel-variabel ekuitas merek yang diteliti. Setelah dilakukan analisis, maka didapatkan hasil OMS Total kesadaran merek sebesar 3,44 hasil ini berada pada rentang baik, OMS Total persepsi kualitas sebesar 3,86 hasil ini berada pada rentang baik OMS Total asosiasi merek 3,67 hasil ini berada pada rentang baik dan OMS Total loyalitas merek sebesar 3,38 hasil ini berada pada rentang cukup. |