Kepuasan pelanggan terhadap suatu produk selalu akan terus meningkat sepanjang waktu. Begitupun dengan para pengguna jasa yang selalu menginginkan pelayanan yang terbaik dan para penyedia jasa. Pelayanan terbaik yang dirasakan oleh para pengguna jasa akan menciptakan persepsi kepuasan sebagai akibat dan terpenuhinya harapan pelanggan. Oleh karena itu, perlu adanya analisis dan peningkatan kinerja penyedia jasa terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa. Penelitian dilakukan terhadap pelanggan pengguna jasa kartu pra bayar CDMA Esia. Penelitian diawali dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 100 responden, atribut kuesioner terdiri dan 13 atribut pertanyaan pelayanan jasa kartu pra bayar CDMA Esia,yang merupakan perkembangan dan teory “The Big Eight” yang dicetuskan oleh Hawkins dan Corey, serta terbagi atas kinerja dan harapan pelanggan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa kartu pra bayar CDMA Esia, dengan mengidentifikasi harapan pelanggan serta kinerja perusahaan. Hasil analisis diketahui, atribut yang perlu mendapatkan perbaikan terdiri dan kualitas sinyal kurang bagus serta jangkauan yang dimiliki oleh Esia atau jika dilihat dan teoni “The Big Eight” variabel yang harus diperbaiki adalah Product quality yang dimiliki oleh Esia. |