PT Eurasia Wisata merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa tur dan travel. Pada saat ini, pelanggan PT Eurasia Wisata sudah semakin banyak dan tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Pelanggan tersebut hanya dilayani oleh kantor pusat saja. Terkadang terjadi kesulitan untuk mencapai pelanggan yang tersebar dan juga kesulitan menambah pelanggan dengan alasan letak kantor yang sulit untuk dicapai atau terlalu jauh dari pelanggan. Melihat kondisi tersebut, perusahaan berencana untuk membuka cabang yang lokasinya dekat dengan pelanggan. Pemilihan wilayah untuk pembukaan cabang didasari atas data pelanggan yang berisikan daerah domisili kebanyakan pelanggan. Dalam pengambilan keputusan untuk membuka cabang atau tidak, penulis akan menggunakan konsep biaya relevan dalam pemilihan terhadap dua alternatif tersebut. Sehingga diharapkan dengan penggunaan konsep biaya relevan dapat membantu pihak manajemen dalam mengambil keputusan. Dalam penelitian penulis telah mengelompokkan biaya-biaya yang relevan dan biaya-biaya yang tidak relevan untuk pengambilan keputusan. Setelah dikelompokkan akan dibandingkan antara biaya relevan tanpa cabang dengan biaya relevan adanya cabang. Berdasarkan penelitian penulis, laba perusahaan mengalami peningkatan yang cukup signifikan antara sebelum dan sesudah adanya cabang. Peningkatan laba tersebut dikarenakan dengan pembukaan cabang akan menaikkan penjualan perusahaan dan penjualan tersebut dapat menutup seluruh biaya-biaya yang terjadi. Sebelum adanya cabang perusahaan menderita kerugian sebesar Rp386.282.16 dan dengan adanya cabang perusahaan mengalami laba sebesar Rp260.290.455. Pada akhirnya, semoga hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat bermanfaat bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan akan membuka cabang atau tidak. Serta, saran-saran yang diberikan penulis juga dapat diterima dan dapat bermanfaat. |