Masalah yang harus dihadapi oleh perusahaan pada saat ini adalah bagaimana cara memenangkan persaingan. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan adalah dengan melayani pelanggan lebih baik daripada perusahaan pesaing. PT. Kimia Farma sebagai salah satu perusahaan farmasi tertua milik negara diharapkan tetap dapat bersaing dengan apotek – apotek swasta baru yang saat ini sedang menjamur. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk menganalisa kemampuan apotek Kimia Farma cabang Senen dalam melayani pelanggan guna melihat sejauh mana usaha yang dilakukan apotek tersebut untuk tetap dapat bersaing. Instrumen yang digunakan penulis untuk memperoleh data ialah kuesioner. Dimana terdapat Internal Control Quesioner yang diberikan kepada pimpinan apotek dan juga kuesioner yang ditujukan kepada para pelanggan untuk melengkapi ICQ. Dari data yang berhasil dikumpulkan dapat dilihat bahwa secara garis besar karyawan bagian pelayanan konsumen telah mematuhi kebijakan – kebijakan yang ditetapkan oleh manajemen perusahaan. Namun masih ditemukan beberapa karyawan yang kurang disiplin dalam menjalankan tugasnya. Oleh sebab itu perusahaan perlu menetapkan peraturan penghargaan dan sanksi yang jelas dan terukur agar pimpinan apotek dapat membangun sikap mental karyawan menjadi disiplin. |