Perhitungan dan analisis yang akurat harus menjadi senjata yang ampuh bagi pihak manajemen untuk mengambil keputusan guna menghadapi berbagai masalah di dunia bisnis. Masalah yang muncul dapat berupa alternatif pelaksanaan diferensiasi produk dalam rangka optimalisasi kapasitas dan peningkatan profit perusahaan. Melihat masalah yang timbul tersebut, penulis merasa tertarik dan kemudian melakukan penelitian dengan tujuan untuk mempelajari penerapan konsep biaya relevan dalam pengambilan keputusan untuk melakukan diferensiasi produk atau tidak pada PT Vision Ease Asia. Metode yang digunakan penulis adalah penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan penulis melalui sumbersumber bacaan buku yang berhubungan dengan topik skripsi yang dibahas, sedangkan penelitian lapangan dilakukan penulis dengan cara datang langsung ke PT Vision-Ease Asia serta melakukan wawancara dengan pihak terkait. Melalui penelitian kepustakaan dan lapangan yang meliputi kegiatan-kegiatan mulai dari pengumpulan data, pengolahan, pengujian dan penyajian, serta analisis-analisis data yang dilakukan secara sistematis dan efisien, penulis dapat memecahkan suatu masalah dan menguji suatu hipotesa. Dari hasil penelitian, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa keputusan untuk diferensiasi produk ternyata dapat memberikan tambahan profit sebesar Rp11.531.154.515,58 bagi perusahaan. Selanjutnya dengan dasar hasil penelitian, penulis dapat menyarankan kepada PT Vision-Ease Asia untuk dilakukan strategi pemasaran yang efektif seperti market segmentation agar produk lama (FSV Aspheric) tidak tergeser penjualannya dengan hadirnya produk baru (FSV Non Aspheric). |