Anda belum login :: 23 Apr 2025 13:22 WIB
Detail
BukuAnalisis Persepsi Konsumen terhadap Kepribadian Merek Induk dan Merek-merek Perluasan Pepsodent (Studi Kasus pada Merek Pasta Gigi, Sikat Gigi, dan Cairan Pembersih Mulut Pepsodent)
Bibliografi
Author: ROSALIND, ELLYN ; Huseini, Martani (Advisor)
Topik: Persepsi Konsumen; Kepribadian Merek; Perluasan Merek
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1537
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pepsodent adalah merek pasta gigi yang paling terkenal dan tertua di Indonesia, serta menjadi market leader pada industri pasta gigi di Indonesia. Untuk mempertahankan eksistensi dan memperluas pangsa pasarnya, Pepsodent melakukan perluasan terhadap mereknya. Produk awal Pepsodent adalah pasta gigi, dan kini telah diperluas pada kategori-kategori lainnya yaitu sikat gigi dan cairan pembersih mulut. Ketika konsumen berhubungan dengan suatu merek, mereka akan membentuk persepsi yang dihubungkan dengan merek tersebut. Sebagai konsekuensinya jika merek diperluas, persepsi atas merek induk akan ditransfer ke merek-merek perluasan, termasuk persepsi tentang kepribadian merek. Konsumen akan mengevaluasi dengan baik suatu perluasan merek jika merek-merek perluasan mempunyai tingkat kesesuaian yang tinggi dengan merek induk. Penelitian ini dilakukan penulis untuk memahami persepsi konsumen terhadap kepribadian merek induk dan merek-merek perluasan Pepsodent, mengetahui apakah terdapat kesesuaian serta mengetahui hubungan antara merek induk dan merek-merek perluasan Pepsodent. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif simetris dengan pendekatan kuantitatif. Tenknik pengambilan sampel yang digunakan teknik sampling insidental terhadap 100 responden yang pernah menggunakan pasta gigi Pepsodent dan mengetahui bahwa Pepsodent memiki kategori produ sikat gigi dan cairan pembersih mulut. Dari analisis yang dilakukan penulis, dapat ditarik kesimpulan bahwa konsumen menghubungkan dan mentransfer persepsi mereka atas kepribadian merek induk Pepsodent ke merek-merek perluasan Pepsodent, yang terlihat dari besarnya keserupaan (similiarity) antara persepsi konsumen terhadap kepribadian merek Pasta Gigi Pepsodent dengan kepribadian Sikat Gigi dan Cairan Pembersih Mulut Pepsodent. Ciri-ciri kepribadian tersebut adalah family oriented (berorientasi keluarga), wholesome (menyehatkan), reliable (dapat dipercaya), dan secure (aman/terjamin). Berdasarkan Uji Korelasi Spearman Rank yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat kesesuaian antara variabel kepribadian merek induk dan variabel kepribadian merek-merek perluasan Pepsodent. Korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang sedang dan positif antara variabel-variabel tersebut, artinya jika terjadi peningkatan persepsi konsumen terhadap kepribadian merek Pasta Gigi Pepsodent, maka persepsi konsumen terhadap kepribadian merek Sikat Gigi dan Cairan Pembersih Mulut Pepsodent juga akan meningkat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)