Anda belum login :: 12 Jul 2025 04:59 WIB
Detail
BukuMANFAAT ACTIVITY BASED COSTING DALAMMENGANALISIS PROFITABILITAS PELANGGAN UNTUKMENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN PADACV SAHABAT SEJATI (delete)
Bibliografi
Author: [s.n]
Topik: audit manajemen
Bahasa: (ID )    
Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Abstract
Pelanggan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan kelangsungan usaha suatu perusahaan. Karena tanpa pelanggan, perusahaan tidak dapat memasarkan produknya dan tidak dapat memperoleh pendapatan yang akan digunakan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Peranan perusahaan distribusi menjadi sangat penting, karena perusahaan distribusi secara langsung berhubungan dengan pelanggan yang tidak lain merupakan sumber pendapatan utama bagi perusahaan. CV Sahabat Sejati merupakan salah satu perusahaan distribusi yang bergerak dalam perdagangan barang-barang import berupa alat tulis, kelontongan, dan lain-lain, yang berasal dari beberapa supplier dari negara Cina. Selama ini, CV Sahabat Sejati melakukan perhitungan biaya pelanggan berdasarkan nilai penjualan masing-masing pelanggan (tradisional). Padahal pada CV Sahabat Sejati terdapat pelanggan yang tidak mengkonsumsi aktivitas atau sumber daya tertentu, tetapi biaya aktivitas dibebankan kepadanya, akibatnya biaya yang terjadi akan overcosted. Demikian juga sebaliknya, pelanggan yang mengkonsumsi aktivitas dalam jumlah yang lebih besar, dibebani biaya yang jumlahnya sama atau lebih
kecil dengan yang dibebankan pada pelanggan lain, sehingga biaya menjadi undercosted.
xiii
Untuk menghindari overcosted atau undercosted, penulis melakukan perhitungan biaya pelanggan dengan menggunakan Activity based costing (ABC). Di dalam ABC, aktivitas dan biaya produk atau jasa atau objek
lainnya, ditentukan dengan prinsip bahwa yang mengkonsumsi biaya atau
sumber daya adalah aktivitas.
Berdasarkan analisis tersebut dapat ditentukan besarnya biaya untuk
melayani masing-masing pelanggan sehingga perusahaan dapat mengetahui
profitabilitas pelanggan dan perusahaan juga dapat menyusun profil
profitabilitas pelanggan dimana dapat diketahui pelanggan yang
menguntungkan dan tidak menguntungkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)