Anda belum login :: 22 Feb 2025 12:28 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Audit Manajemen Atas Fungsl Customer Service Sebagai Upaya Meningkatkan Eflslensl dan Efektivitas Customer Service pads Bank X
Bibliografi
Author:
LAMIRTA, MELINA
;
Sunidja, Muliadi
(Advisor)
Topik:
efektivitas
;
customer service
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2008
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Melina Lamirta's Undergraduate Theses.pdf
(1.95MB;
24 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEA-3457
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Iklim persaingan yang ketat dalam dunia perbankan membuat bank
berupaya menciptakan cara untuk mericapal laba yang optimal. Salah satu
faktor utama adalah pembenian pelayanan yang maksimal kepada setiap
nasabah. Pelayanan yang diberikan tentunya terkait dengan fungsi customer
service yang dapat dijalankan dengan balk. Pertanyaan yang kemudian
muncul, apakah seturuh proses yang berkaitan dengan customer service
telah dilakukan dengan balk sehingga tujuan semula dapat dipertahankan
bahkan ditingkatkan? Oleh karena itu, diperlukan pembahasan secara
komprehensif untuk mengetahul apakah audit manajemen atas fungsi
customer service dapat berupaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas customerservice pada Bank X. Adapun pembahasan yang ada ml ditelusuri dengan adanya
observasi dan juga wawancara kepada staff dan pejabat customer service.
Selain itu juga melalul wawancara dan observasi kepada pihak internal audit.
Dan hasH pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Bank X telah mempunyai audit program yang disusun secara sistematis berikut Iangkah — langkah
yang harus dilakukan atas setiap fungsi atau departemen yang ada.
Penetapan tujuan fungsi customer service melalul kebijakan, prosedur, dan
program yang berkaitan dengan customer service, sudah sesuai dengan
tujuan utama perusahaan dengan adanya perencanaan strategis atas fungsi
customer service dalam mencapal tujuan customer service. Pelaksanaan
audit manajemen atas fungsi cuslomerservice telah ailakukan dengan efektif
dengan adanya realisasi dan setiap tahap — tahap audit yang telah
direncanakan dan dibenlakukan.
Departemen customer service Bank X yaitu service quality telah
menjalankan fungsinya dengan efektif dan juga efisien melalui pelaksanaan
kegiatan fungsnya yang sesual dengan prosedur tertulis (buku pedoman)
yang dimiliki Bank X.
Bank X juga telah rnemiliki kebijakan dan prosedur customer service
secara tertulis yang mampu memenuhi kebutuhan nasabah dalam hal
penenimaan, penanganan, penyelesaian, serta pemantuan penanganan dan
penye~esaian pengaduan. MeIaIui panduan buku pedoman tersebut,
penenimaan dan penyelesaian pengaduan nasabah dapat dilaksanakan
bahkan diselesaikan ofeh pejabat bank yang mendapatkan surat
penunjukkan sesual dengan rogulasi Bank Indonesia (kaitannya dengan
upaya mediasi perbankan). Segala upaya penyelesaian pengaduan dapat
dilaksanakan asa~kan nasabah dapat dengan cermat memenuhi setiap
ketentuan yang berlaku.
Lebih lanjut, bank X thkatakan sudah efisien dan efektif dalam
kegiatan customer seivice nya dinHai dan tujuan dan sasaran utama,
perencanaan yang matang, struktur oiganisasi yang membuktikan bahwa
departemen customer service independen terhadap fungsi Iainnya, dan juga
pengendalian yang dilakukan secara memadai. Namun berdasarkan hasit
pembahasan tersebut, penufis ~ugatelah mengidentifikasi beberapa temuan
dan masalah dan menguraikan saran atas masing — masing temuan tersebut.
Tentunya dengan adanya saran tersebut dapat berguna bagi bank X untuk
setalu berupaya meningkatkan etisiensi dan efektivitas customerservice.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.375 second(s)