Pengukuran kinerja merupakan hal yang penting dalam suatu perusahaan untuk mengetahui bagus atau tidaknya performa perusahaan tersebut. Perusahaan yang memiliki kinerja yang bagus berarti perusahaan memiliki perencanaan yang matang dalam menjalankan bisnisnya. Namun, kebanyakan perusahaan hanya mengukur kinerja yang bertumpu pada aspek keuangannya saja. Padahal aspek keuangan tidak semata-mata bisa diandalkan dalam mengukur kinerja perusahaan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja dari PT Garuda Indonesia secara keseluruhan dengan menggunakan metode pengukuran kinerja kontemporer yang bernama Balanced Scorecard. Balanced Scorecard diyakini dapat mengukur kinerja perusahaan secara lengkap dan keseluruhan karena Balanced Scorecard memperhatikan aspek keuangan dan non keuangan, serta melibatkan faktor internal dan eksternal. Kriteria pengukuran kinerja dalam Balanced Scorecard meliputi aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Dapat dilihat dari hasil penelitian, kinerja perusahaan bernilai cukup bagus dari aspek keuangan, pelanggan, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Sedangkan aspek proses bisnis internal bernilai bagus. Maka secara keseluruhan, kinerja PT Garuda Indonesia adalah cukup bagus. |