Anda belum login :: 23 Jul 2025 10:52 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Membaca Pada Siswa Kelas 1 SDN Kls 13 Pagi Jakarta
Bibliografi
Author:
ARBINA, JULITA
;
Widjaja, Anny E. L.
(Advisor);
Herbelubun, Y.C. Dhian Ariani
(Advisor)
Topik:
Peran Orang Tua
;
Motivasi
;
Belajar Membaca
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2009
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Julita Arbina's Undergraduate Theses.pdf
(355.38KB;
64 download
)
Julita Arbina-PENDUKUNG.pdf
(219.87KB;
3 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-81
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Peran orang tua sangat penting bagi seorang anak. Orang tua memberi motivasi bagi anak, sehingga anak semakin giat dalam belajar. Dalam hal membaca dibutuhkan motivasi dari orang tua sehingga anak mampu membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran orang tua dalam memotivasi belajar membaca pada siswa kelas I SDN KLS 13 Pagi Jakarta. Subyek penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara, yaitu 4 siswa dan 4 dari orang tua siswa kelas I SDN KLS 13 Pagi Jakarta.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Tahap pengumpulan data yang digunakan adalah hasil wawancara dari ke 4 ibu subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukan, sebagai berikut :
(1) Terdapat tiga subyek yang didongengkan cerita atau dinyanyikan lagu sebelum tidur untuk membantu mendorong perkembangan bahasa anak, (2) ke empat subyek belum menjadikan kegiatan membaca buku menjadi kebiasaan dalam keluarga ini akan mendorong anak untuk meniru dan melakukannya, (3) setiap orang tua subyek memberikan dorongan dan pujian untuk anak, anak akan merasa diperhatikan dan dihargai serta menambah motivasi. Selain itu Ibu bercakap-cakap dengan anak, menanyakan dan mendengarkan yang dialami anak selama di sekolah dapat memotivasi anak belajar membaca, (4) untuk mengajarkan membaca setiap orang tua subyek menggunakan alat atau media yang berbeda-beda, (5) untuk membantu anak belajar membaca dan menambah perbendaharaan kata, pengetahuan. Keluarga rutin membaca koran atau berlanggan koran. Ini belum dilakukan oleh ke empat ibu kasus, (6) untuk membantu anak dalam belajar membaca dan mengatasi kesulitan anak,setiap ke empat orang tua kasus juga dapat mengajarkan dan memberikan contoh dalam mengenalkan huruf ketika anak belajar di rumah. Orang tua juga dapat memanfaatkan sarana–sarana lingkungan untuk mengajarkan membaca.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar orang tua dapat memotivasi anak dalam belajar membaca. Motivasi yang diberikan orang tua kepada anak, menyebabkan anak merasa senang dan dihargai. Selain itu kepada pihak sekolah agar selalu berkomunikasi dengan orang tua mengenai perkembangan belajar membaca anak, sehingga orang tua dan pihak sekolah dapat mendukung anak dalam belajar membaca.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)