Anda belum login :: 18 Apr 2025 05:49 WIB
Detail
BukuPendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas III SD Strada Santo Fransiskus Xaverius pada Pembelajaran IPA
Bibliografi
Author: RISMIYATI, ELISABETH ; CARLA LUCIA WANTANIA (Advisor)
Topik: Pendekatan Inkuiri; Pembelajaran IPA; Hasil Belajar.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Elisabeth Rismiyati's 1 Undergraduate Theses.pdf (8.69MB; 28 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-74
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Inkuiri adalah salah satu pendekatan mengajar yang mengajak siswa berpikir kritis dan analitis untuk mencari, menemukan sendiri jawaban dari
suatu masalah. Dengan mengajak siswa belajar secara aktif dan terlibat secara mental, siswa pada akhirnya dapat menjawab pertanyaan tentang fenomena alam (dalam pembelajaran IPA). Prosedur inkuiri meliputi: merumuskan masalah,
merumuskan hepotesis, dan merencanakan eksperimen, dan melaksanakan eksperimen dan kemudian menemukan kesimpulan dari beberapa konsep dan prinsip dari materi yang telah dialami.
Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan penerapan pendekatan inkuiri yang dapat meningkatkan hasil beajar dalam mata pelajaran IPA dengan topik Benda dan kgunaannya. Subjek penelitian adalah siswa kelas
III SD Strada Santo Fransiskus Xaverius dengan jumlah siswa 24 siswa dan penulis yang dibantu oleh guru sebagai observer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model spiral dari Kemmis (pedoman penulisan skripsi, 2006). Tiap siklus dalam model ini mencakup 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam
satu kali pertemuan. Hasil dari penelitian tiap siklus menunjukkan bahwa siswa merasa tertarik dengan kegiatan yang telah dilakukan, siswa menemukan
pengetahuan dari kegiatan percobaan. Hasil belajar pada tiap siklus mengalami peningkatan. Ini dilihat dari perbandingan nilai rata – rata pre tes dan pos tes pada tiap siklus. Siklus I mengalami peningkatan sebanyak 19 poin sedangkan siklus II
meningkat sebanyak 43 poin. Siswa yang pada awalnya belum memahami materi benda dan kegunaan setelah mengikuti pembelajaran akan terbentuk pengetahuan baru sehingga hasil belajar yang diperoleh meningkat. Bila pembelajaran
dilakukan dengan menggunakan pendekatan inkuiri maka hasil yang diperoleh akan meningkat. Ini terbukti pada hasil pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian yang telah dilaksanakan.
Berdasar hasil penelitian ini disarankan guru memiliki pemahaman tentang inkuiri agar dalam penerapan pendekatan inkuiri guru mampu melaksanakan dan mendampingi anak dalam setiap prosedur inkuiri dengan baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)