Inkuiri adalah salah satu pendekatan mengajar yang mengajak siswa berpikir kritis dan analitis untuk mencari, menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah. Dengan mengajak siswa belajar secara aktif dan terlibat secara mental, siswa pada akhirnya dapat menjawab pertanyaan tentang fenomena alam (dalam pembelajaran IPA). Prosedur inkuiri meliputi: merumuskan masalah, merumuskan hepotesis, dan merencanakan eksperimen, dan melaksanakan eksperimen dan kemudian menemukan kesimpulan dari beberapa konsep dan prinsip dari materi yang telah dialami. Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan penerapan pendekatan inkuiri yang dapat meningkatkan hasil beajar dalam mata pelajaran IPA dengan topik Benda dan kgunaannya. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Strada Santo Fransiskus Xaverius dengan jumlah siswa 24 siswa dan penulis yang dibantu oleh guru sebagai observer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model spiral dari Kemmis (pedoman penulisan skripsi, 2006). Tiap siklus dalam model ini mencakup 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Hasil dari penelitian tiap siklus menunjukkan bahwa siswa merasa tertarik dengan kegiatan yang telah dilakukan, siswa menemukan pengetahuan dari kegiatan percobaan. Hasil belajar pada tiap siklus mengalami peningkatan. Ini dilihat dari perbandingan nilai rata – rata pre tes dan pos tes pada tiap siklus. Siklus I mengalami peningkatan sebanyak 19 poin sedangkan siklus II meningkat sebanyak 43 poin. Siswa yang pada awalnya belum memahami materi benda dan kegunaan setelah mengikuti pembelajaran akan terbentuk pengetahuan baru sehingga hasil belajar yang diperoleh meningkat. Bila pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan inkuiri maka hasil yang diperoleh akan meningkat. Ini terbukti pada hasil pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian yang telah dilaksanakan. Berdasar hasil penelitian ini disarankan guru memiliki pemahaman tentang inkuiri agar dalam penerapan pendekatan inkuiri guru mampu melaksanakan dan mendampingi anak dalam setiap prosedur inkuiri dengan baik. |