Anda belum login :: 16 Apr 2025 18:59 WIB
Detail
BukuMeningkatkan Pemahaman Konsep Urutan Bilangan Siswa Kelas I SD Katolik Ricci II Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik.
Bibliografi
Author: SUBINAH ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: Pemahaman konsep; urutan bilangan; Pembelajaran Matematika Realistik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Subinah's Undergraduate Theses.pdf (2.65MB; 54 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-73
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pemahaman berasal dari kata paham mendapat awalan pe dan akhiran an. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (Poerwadarminta, edisi tiga 2003), paham berarti mengerti dengan tepat, sedangkan konsep berarti suatu rancangan. Sedangkan dalam matematika, konsep adalah suatu ide abstrak yang memungkinkan seseorang untuk menggolongkan suatu objek atau kejadian. Jadi pemahaman konsep adalah pengertian
yang benar tentang suatu rancangan atau ide abstrak. Urutan bilangan adalah rentetan
atau susunan bilangan. Pada awal tahun pelajaran baru siswa kelas I SD Katolik Ricci II telah
mempelajari materi urutan bilangan, namun pemahaman siswa tentang urutan bilangan
masih kurang. Oleh karena itu peneliti ingin meningkatkan pemahaman siswa tentang
urutan bilangan melalui kegiatan pembelajaran matematika realistik. Pembelajaran Matematika Realistik adalah suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi konsep- konsep matematika melalui bimbingan guru sehingga siswa mempunyai pengertian yang kuat
tentang konsep matematika (Hadi, 2007).
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang urutan bilangan melalui penerapan pembelajaran matematika realistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas I B SD Katolik Ricci II sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa putra dan 16 siswa putri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research). Pelaksanaan penelitian dibagi menjadi 2 siklus tindakan. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2008, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep
urutan bilangan mulai dari bilangan terkecil sampai terbesar. Materi yang disampaikan adalah urutan bilangan yang dimulai dari bilangan bulat positif dari 51 - 100. Selanjutnya siklus II dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2008, dengan tujuan untuk
meningkatkan pemahaman konsep urutan bilangan mulai dari bilangan terbesar sampai bilangan terkecil. Materi yang disampaikan adalah urutan bilangan yang dimulai dari bilangan bulat positif 100 – 51. Kegiatan pembelajaran yang diterapkan adalah kegiatan Pembelajaran Matematika Realistik. Dalam setiap siklus, peneliti menghadirkan
pengalaman- pengalaman yang sering ditemui oleh siswa dalam kehidupan sehari- hari. Kegiatan yang dilaksanakan pada siklus pertama adalah kegiatan mengantri dan membuka halaman buku cetak yang disusun secara urut. Selanjutnya pada siklus kedua
kegiatan yang dilaksanakan adalah menuruni anak tangga sekolah dan menceritakan pengalaman siswa menuruni gedung dengan menggunakan lift. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang menghadirkan permasalahan yang dekat dengan siswa memiliki tujuan agar setiap siswa dapat menemukan dan mengkonstruksi sendiri konsep
matematika yang sedang dipelajari sehingga pada akhirnya siswa benar-benar memahami
konsep tersebut. Peningkatan pemahaman konsep urutan bilangan dapat terlihat dari peningkatan
hasil nilai yang dicapai siswa kelas I B yaitu sebesar 3,4 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep urutan bilangan siswa kelas I B SD Katolik Ricci II Bintaro
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)