PTC merupakan lembaga jasa pelatihan yang sedang berkembang untuk menghadapi persaingan dengan lembaga bisnis sejenis. Salah satu bentuk upaya pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia yang diidentifikasi sebagai kebutuhan PTC adalah penyusunan rancangan materi target dan perilaku kerja yang akan diformulasikan ke dalam sebuah sistem penilaian kinerja karyawan. Rumusan target kerja dilakukan dengan teknik Balanced Scorecard (BSC). Teknik ini menurunkan visi, misi, dan core values PTC ke dalam sasaran strategis berdasarkan empat perspektif dalam BSC, dilanjutkan dengan formulasi key performance indicators (KPI) untuk setiap jabatan yang menjadi lingkup penelitian ini. Untuk merumuskan elemen perilaku kerja, langkah yang dilakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan PTC tentang kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh setiap karyawannya mengacu pada core values PTC. Masing-masing kompetensi dikelompokkan ke dalam tiga kategori yaitu self efficiency, business, dan leadership. Keseluruhan elemen target dan perilaku kerja dalam penelitian ini masih merupakan rancangan dan belum menjadi formula akhir dari materi sistem penilaian kerja PTC. Selanjutnya rancangan materi tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan implementasi di lapangan sebelum digunakan secara utuh sebagai materi sistem penilaian kinerja karyawan di PTC. Rekomendasi penelitian adalah Perfomance Scorecard yang disusun dengan teknik BSC dan menghasilkan sekumpulan target kerja untuk jabatan Manajer Program, Manajer Pemasaran (Marketing), Staf Administrasi Keuangan, dan Staf Administrasi Kesekretariatan. Rekomendasi lain adalah formulasi perilaku kerja untuk tingkat manajerial dan nonmanajerial. Elemen perilaku kerja terdiri dari tiga kategori yaitu kompetensi Self Efficiency (terdiri dari Risk Taking, Flexibility, Learning and Adaptability, serta Intercultural Competence); Business (terdiri dari Customer Satisfaction Orientation, Networking, Planning and Organizing, Business Acument, Communication, Presentation, dan Cost Awareness); dan Leadership (terdiri dari Problem Solving and Decision Making, Coaching, Leading Improvement, Teamwork, dan Influencing). |