Universitas Atma Jaya adalah salah satu Universitas Katolik yang cukup terkenal dan dianggap baik di Jakarta. Bahkan menurut majalah Tempo, 20 Mei 2007 Unika ( Universitas Katolik ) Atma jaya merupakan perguruan tinggi swasta terbaik kedua dari sepuluh perguruan tinggi swasta terbaik. Namun sayangnya selama lima tahun terakhir ini terjadi penurunan minat jumlah mahasiswa di beberapa Fakultas. Salah satunya adalah Fakultas Teknik. Dan ternyata penurunan tersebut tidak hanya terjadi di Unika Atma Jaya saja , melainkan hampir disetiap perguruan tinggi. Berdasarkan fakta-fakta tersebut , maka ingin dibuat strategi promosi Fakultas Teknik Unika Atma Jaya dengan menggunakan Metode Kansei Engineering. Kansei Engineering itu sendiri merupakan metode dengan melakukan pendekatan secara emosional. Dengan diketahui metode pendekatan emosional yang tepat maka hasil dari metode tersebut dapat diimplementasikan sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk mendaftar di Fakultas Teknik. Dari Pengolahan Data yang dilakukan untuk responden anak SMA , didapatkan hasil bahwa frekuensi promosi yang dilakukan Unika Atma Jaya sudah cukup sering , terdapat 3 jurusan tertinggi yang sekarang sedang diminati oleh responden yaitu komputer , ekonomi dan design. Sedangkan untuk Teknik sendiri ( Teknik Industri , Elektro , Mesin ) Jurusan yang paling banyak dipilih oleh responden adalah Teknik Industri. Image responden tentang Teknik kurang baik karena kebanyakan responden berpendapat teknik itu susah dan memusingkan. Media Promosi Atma yang sering mereka jumpai adalah Pameran pendidikan . Sedangkan dari hasil mahasiwa teknik didapatkan bahwa positioning yang dibuat oleh Kajur masing-masing jurusan kurang tepat , karena mahasiswa tidak merasakan positioning tersebut sepenuhnya. Dan menurut mahasiswa teknik , teknik itu memang susah dan memusingkan tapi juga sangat menyenangkan dan seru. Dari Hasil yang didapat di pengolahan data ini , maka dibuatlah strategi promosi Fakultas Teknik Unika Atma Jaya dengan menggunakan bantuan Analisa SWOT dan juga mempertimbangkan Analisa SWOT dari strategi promosi Unika Atma Jaya |