Anda belum login :: 21 Feb 2025 02:16 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbedaan Ketrampilan Bantu Diri Pada Anak Usia 2,5 Tahun-3 Tahun Yang Mengikuti Kelompok Bermain Dan Yang Tidak Mengikuti Kelompok Bermain
Bibliografi
Author:
FERDINAN, RISKY
;
Purwanti, Margaretha
(Advisor)
Topik:
Keterampilan Bantu Dini
;
Anak Usia 2
;
5-3 tahun
;
Kelompok Bermain.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2005
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-1310
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Sekarang mi pendidikan di Indonesia mulai mengalarni perubahan terutarna di Jakarta. Sebagian masyarakat sudah mulai menyadari penntingnya pendidikan bagi anak. Di Indonesia, lembaga pendidikan dini atau yang lebih sering disebut dengan prasekolah mi di mulal dengan usia yang bervariasi yaitu sejak usia 1,5 atau 2 taun bahkan sejak usia 6 bulan. Menurut teori perkemnbangan sosial Erikson, anak usia 2 tahun berada pada tahapan perkembangan Outonomi versus Shame and Doubt ( Papalia, Diane& Olds, 1998). Pada tahapan mi anak sudah mulai untuk mencoba memiliki otonomi atas dirinya sendiri atau dengan kata lain menjadi lebih mandiri sebagai individu. Dalam masa ml biasanya anak belajar untuk menjadi terampil dalam ha! membanytu din sendiri untuk mernenuhi kebutuhan dasr pribadinya. Untuk menjadi terampil, seorang anak dapat dipengaaruhi oleh berbagai macam hal, diantaranya kebudayaan dan adaat istiadat setempat, proses pembelajaran dan lain sebagainya. Dalam proses perkembanan mi biasanya orang tua menjadi model atau contoh bagi anak untuk belajar menjadi individu yang mandiri. Dengan hadirnya pendidikan dini atau prasekolah mi, tidak hanya orang tua yang menjadi model tetapi apa yang perlu dipelajari justru diberikan sebagai salah satu dan program pendidikan. Dengan demikian diharapkan pendidikan dm1 dapat memberikan sesuatu yang terbaik bagi anak terutama bagi kemandirian anak . Namun muncul suatu pertanyaan, bagaimana dengan anak- anak yang tidak mendapatkan pendidikan dm1? Apakah sesungguhnya ada perbedaan dengan antana anak yang menenima pendidikan dini dengan yang tidak menerima pendidikan dini. Tujuan dan penelitian mi adalah untuk melihat apakah ada perbedaan pada keterampilan bantu din pada anak usia 2.5-3 tahun yang mengikuti kelompok bermain dengan yang tidak mengikuti kelompok bermain Penelitian dilakukan terhadap 30 subjek yang mengikuti pendidikan prasekolah dan 30 subjek yang tidak mengikuti pendidikan prasekolah. Usia subjek berkisar antara 2.5 tahun -3 tahun, dengan tingkat sosial ekonomi menengah ke atas, dan mengikuti pendidikan prasekolah minimal 3 bulan bagi kelompok prasekolah. Data diambil dengan menggunakan alat ukun kuesioner dengan model checklist yang disusun oleh peneliti sendiri berdasankan acuan dan Vineland social Maturiiv Scale. Pengujian perbedaan ke dua kelompok mi menggunakan rumusan t-test. 1-lasil pengujian ada tidaknya perbedaan pada ke dua kelompok ml dengan menggunakan t test sebesan 1 .205 < t tabel 2.009. Dan hasil mi menunjukkan bahwa hipotesa altennatif ditolak. Kesimpulan dan hash penelitian mi adalah tidak ada perbedaan keterampilan bantu din pada anak usia 2.5-3 tahun yang mengikuti kelompok benmain dengan yang tidak mengikuti kelompok bermain.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.234375 second(s)